CARA MENGOLAH DAGING KAMBING SUPAYA TIDAK BAU DAN EMPUK

Daging memang menjadi salah satu makanan yang banyak digemari. Pada saat idul adha pastinya stok daging di rumah akan berlimpah di dalam kulkas. Namun meskipun daging menjadi salah satu makanan yang digemari, akan tetapi pengolahan daging susah – susah gampang. Sebab jika salah dalam pengolahan daging maka malah akan membuat daging menjadi alot dan juga bau prengus. Hal ini dikarenakan dalam daging kambing mengandung zat feromon, terutama pada kambing jantan lebih banyak daripada kambing betina. 

daging

Sebelum pengolahan kambing, sebaiknya kamu juga benar dalam memilih kualitas kambing tersebut. Pilihlah kambing yang masih dalam keadaan fres sebab hal ini juga bisa mempengaruhi hasil masakan dagingnya. Banyak jenis olahan yang bisa dihasilkan dari bahan dasar daging kambing tersebut. Diantaranya sate kambing, gulai kambing, rendang, kari, tongseng dan masih banyak olahan kambing lainnya. 

Dalam mengolah daging tersebut juga membutuhkan Teknik dan proses yang benar. Hal ini supaya nantinya hasil masakan daging tidak alot dan juga tidak berbau prengus. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam memasak daging agar empuk dan tidak bau. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

  • Singkirkan atau buang lemak yang menempel pada daging

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menyingkirkan atau membuang lemak yang menempel pada daging. Cara ini dilakukan dengan tujuan supaya daging bisa menjadi empuk. Agar bisa memisahkan lemak dengan mudah, maka kamu bisa mendinginkan daging terlebih dahulu di dalam lemari kulkas. Sebab jika dalam keadaan beku maka lemak akan menjadi lebih mudah untuk diiris daripada dalam keadaan yang tidak beku. 

  • Jangan mencuci daging

Hal kedua yang bisa kamu lakukan dalam mengolah daging kambing yang benar yaitu jangan mencucinya. Pada umumnya daging memang harus dicuci sampai bersih terlebih dahulu sebelum dimasak. Namun ternyata hal ini kurang tepat, sebab hal ini malah akan membuat daging semakin alot dan prengus. Untuk itu sebaiknya merebus daging kambing dalam keadaan yang belum dicuci. Setelah itu buang air rebusan kambing tersebut, baru olah daging seperti biasanya. 

  • Taburi garam dengan daging 

Apabila daging kambing sudah terlanjur dicuci juga terdapat beberapa cara untuk mengatasinya. Salah satunya yaitu dengan menaburi daging kambing tersebut dengan garam secukupnya. Dengan hal ini bisa membantu menetralisir bau tak sedap yang disebabkan oleh darah. Caranya juga mudah, cukup dengan taburkan garam secara menyeluruh pada daging. Kemudian diamkan selama kurang lebih satu jam, lalu cuci Kembali daging tersebut sebelum diolah. 

  • Baluri dengan parutan nanas

Untuk mengolah daging kambing supaya bisa lunak dan tidak a lot kamu bisa menggunakan nanas. Hal ini dikarenakan getah nanas yang tajam , selain itu hal ini juga bisa mengatasi bau prengus daging. Caranya cukup lumuri daging mentah dengan parutan nanas secara merata. Lalu diamkan kurang lebih selama satu jam, kemudian baru olah daging tersebut seperti biasa. Selain dengan membalurkan parutan nanas, kamu juga bisa langsung rebus daging dengan irisan nanas tersebut. 

  • Bungkus dengan menggunakan daun pepaya

Untuk menghilangkan bau prengus dan melunakkan daging kambing, kamu juga bisa menggunakan daun pepaya. Hal ini dikarenakan kandungan enzim yang ada di dalam daun pepaya tersebut. Caranya cukup bungkus daging kambing dengan menggunakan daun pepaya lalu rebus. Selain menggunakan daun pepaya, kamu juga bisa menggunakan daun jati dan juga daun jambu.